Jadwal dan Pembagian Grup Cabor Sepak Bola di SEA Games 2021

Sempat diundur akibat menanjaknya kasus Covid-19, SEA Games 2021 bakal diadakan mulai tanggal 12 – 23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam. Khusus cabang olahraga sepak bola putra akan berlangsung pada tanggal 6 – 22 Mei 2022.

Indonesia akan jadi salah satu negara yang berpartisipasi dalam cabang olahraga ini. Mengingat tingginya popularitas sepak bola di Indonesia, tentunya, masyarakat menaruh harapan tinggi pada Timnas U-23 yang jadi perwakilan Indonesia.

Seperti apa sih, jadwal dan pembagian grup cabor sepak bola putra di SEA Games 2021 nanti? Kapan Indonesia akan bertanding?

Sekilas tentang SEA Games 2021

Awalnya, SEA Games 2021 direncanakan untuk digelar pada 21 November – 2 Desember 2021. Mengingat lonjakan kasus Covid-19 saat itu, ajang dua tahunan tersebut terpaksa diundur.

Tuan rumah SEA Games 2021 tetap dipegang oleh Vietnam. SEA Games ke-31 ini merupakan kali kedua Vietnam menjadi tuan rumah.

Sebanyak 10 negara akan berpartisipasi dalam cabang olahraga sepak bola putra; Filipina, Indonesia, Myanmar, Timor Leste, Vietnam, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Pertandingannya akan digelar dalam tiga venue berbeda, yaitu Stadion Nasional My Dinh di Hanoi, Stadion Viet Tri di Phu Tho, dan Stadion Trien Truong di Nam Dinh.

Prediksi Line-up Timnas Indonesia

Seperti dikutip dari laman bola.com, tiga pemain senior yang akan menyertai Timnas U-23 adalah Irfan Jaya, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Dengan kecepatan dan ketepatan pertahanannya, Irfan diprediksi akan mengisi sisi sayap bersama Saddil Ramdani. Saddil sendiri merupakan pemain Sabah FC yang dipinjamkan untuk memperkuat timnas.

Skema 4-4-1-1 diperkirakan akan menjadi strategi yang dimainkan Shin Tae-yong.

Posisi kiper akan diisi oleh Ernando Ari. Ia akan didukung oleh empat pemain belakang, yaitu Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Firza Andika.

Sementara itu, posisi sentral akan diisi oleh Marc Klok dan Syahrian Abimanyu sebagai gelandang jangkar. Saddil Ramdani dan Irfan Jaya mengisi sisi sayap yang bertugas membangun pertahanan saat lawan menyerang.

Posisi gelandang lainnya akan diisi oleh Ricky Kambuaya dan striker tunggal akan diisi oleh Irfan Jauhari.

Persiapan Timnas Indonesia

Timnas U-23 sempat menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan pada bulan April lalu. Di tengah kesibukan pelatihan, mereka beberapa kali melakoni friendly match dengan klub setempat.

Hasilnya memang tidak terlalu memuaskan. Timnas U-23 hanya berhasil memenangkan tiga dari sembilan pertandingan di sana.

Kendati demikian, Marc Klok optimis Indonesia dapat memenangkan medali emas setelah 31 tahun absen dari gelar juara. Ia beranggapan bahwa kekalahan berturut-turut di Korea Selatan telah memberikan pelajaran berharga; ia dan rekan setimnya berhasil membangun kepercayaan diri mereka.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas tak sependapat dengan Marc Klok. Menurutnya, tim asuhannya tersebut masih punya banyak kekurangan, terutama dalam hal pengambilan keputusan.

Pembagian Grup SEA Games 2021

  • Grup A
  1. Filipina
  2. Indonesia
  3. Myanmar
  4. Timor Leste
  5. Vietnam
  • Grup B
  1. Kamboja
  2. Laos
  3. Malaysia
  4. Singapura
  5. Thailand

Jadwal Timnas U-23 SEA Games 2021

  • Babak penyisihan Grup A

6 Mei 2022 – Vietnam vs. Indonesia

10 Mei 2022 – Indonesia vs. Timor Leste

13 Mei 2022 – Filipina vs. Indonesia

15 Mei 2022 – Indonesia vs. Myanmar

  • Bila lolos fase grup

19 Mei 2022 – Semifinal

22 Mei 2022 – Perebutan medali perunggu dan final

Begitulah beberapa informasi seputar SEA Games 2021 cabang olahraga sepak bola putra.

Menurutmu, sanggupkah Indonesia meraih gelar juara dalam ajang bergengsi ini?

Leave a comment