Corak Bola Piala Dunia dari Tahun ke Tahun, Ini Penjelasannya

Adidas mengeluarkan bola yang nanti dipakai di Piala Dunia Qatar 2022. Bola tersebut bernama bola Al Rihla. Tak lebih dari delapan bulan hingga laga musim dingin yang pertama dimulai. Diterjemahkan dalam bahasa Arab dan berarti “perjalanan”, Al Rihla terinspirasi dari perahu, arsitektur, serta bendera sang tuan rumah. Lalu, bagaimana corak bola Piala Dunia dari tahun ke tahun?    

Berikut Corak Bola Piala Dunia dari 1930 sampai Qatar 2022

Dari awal, setiap kompetisi Piala Dunia mempunyai bola resmi sendiri. Kemudian, seiring waktu berjalan, juga pengaruh dari teknologi, maka coraknya terus berkembang. Fakta warna dan corak bola Piala Dunia terjadi di Piala Dunia 1930, final antara Uruguay dan Argentina memiliki satu bola per waktu: yang pertama bola Argentina dan yang kedua bola Charrua. Mulai tahun 1970, FIFA memutuskan bekerja bersama Adidas demi menstandarisasi pemakaian bola.

Piala Dunia Uruguay 1930 (T-Model)

Corak bola Piala Dunia ini yakni bola sentuh mempunyai segmen persegi panjang, dari kulit. Bola ini berasal dari Uruguay. Didalamnya ada rongga mirip kantung kemih.

Juara: Uruguay

Piala Dunia Italia 1934 (Federal 102)

Karakteristiknya ialah bola berbahan kulit dan bercorak segmen persegi panjang

Juara: Italia

Mulai dari tahun 1970, FIFA memutuskan bekerja sama dengan Adidas dalam menstandarisasi pemakaian bola.

Piala Dunia Meksiko 1986 (Azteca)

Artinya ialah memberikan penghormatan pada penduduk asli dari Meksiko. Karakteristiknya ialah bola tersebut ialah bola microfiber sintetis pertama. Azteca memiliki daya serap air yang lebih baik.

Pabrikan: Adidas

Juara: Argentina

Piala Dunia Italia 1990 (Etrusco Unico)

Penghormatan pada orang-orang kuno yang berada di Semenanjung Italia. Corak bola Piala Dunia ini adalah tiga kepala singa yang menghiasi 20 triad. Lapisan dalam busa berbahan poliuretan hitam .

Pabrikan: Adidas

Juara: Jerman

Piala Dunia Amerika Serikat 1994 (Questra)

Memiliki arti kata lama dan merujuk kepada pencarian bintang. Karakteristiknya yakni memiliki stabilitas dilengkapi jaring serat jalinan. Dekorasinya terinspirasi dari  industri kedirgantaraan, roket yang berkecepatan tinggi, dan perlombaan luar angkasa di Amerika.

Pabrikan: Adidas

Juara: Brasil

Piala Dunia Prancis 1998 (Tricolore)

Artinya menyinggung dari tiga warna bendera kebangsaan Prancis yaitu putih, biru dan merah. Karakteristik bolanya memiliki gelembung mikro berisi gas, tertutup dan memiliki ketahanan bagus.

Pabrikan: Adidas

Juara: Prancis

Piala Dunia Korea dan Jepang 2002 (Fevernova)

Fever artinya “Demam” yakni Piala Dunia bagi para penggemar, dan “nova” dan mengacu bintang-bintang yang sangat terang namun dalam waktu yang singkat. Desainnya diubah dengan tiga lapisan anyaman hingga mereka memberi presisi lebih besar di lintasan. Menampilkan lapisan karet dengan busa sintetis halus.

Pabrikan: Adidas

Juara: Brasil

Piala Dunia Jerman 2006 (+Teamgeist) atau Semangat Tim

Karakteristiknya yakni teknologi ditambahkan  dan segmen dihilangkan yang menawarkan permukaan lebih halus guna finishing. Bola ini pertama kalinya dengan panel disegel, bukan dengan dijahit.

Pabrikan: Adidas

Juara: Italia

Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (Jabulani) atau Rayakan

Karakteristiknya yakni memiliki delapan panel tertutup juga lapisan super karbonat untuk meningkatkan akurasi bidikan.

Pabrikan: Adidas

Juara: Spanyol

Dunia Brasil 2014 (Brazuca)

Artinya yakni pada satu sisi digunakan guna merujuk orang Brasil. Bola ini terdiri dari enam panel poliuretan dan digabungkan untuk mempertahankan kebulatan dan bobot yang sama.

Pabrikan: Adidas

Juara: Jerman

Piala Dunia Rusia 2018 atau Telstar 18

Artinya yakni penghormatan pada bola pertama produksi Adidas pada Piala Dunia 1970. Bola ini menghadirkan teknologi terbaru, cangkang baru, dan elemen berkelanjutan dan kemasannya dapat didaur ulang. Bola itu disematkan chip NFC atau Near Field Communication

Pabrikan: Adidas

Juara: Prancis

Piala Dunia Qatar 2022 (Ar Rihla)

Artinya: “perjalanan”

Karakteristiknya yakni dengan edisi terbaru dan dirancang guna mendukung sifat kecepatan yang tinggi dengan bola yang bergerak lebih cepat dari pendahulunya.

Pabrikan: Adidas

Itulah beberapa corak bola piala dunia dari tahun ke tahun dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment