Stadion Piala Dunia 2022, Salah Satunya Terbuat dari Ratusan Kontainer

Ada 8 stadion Piala Dunia 2022 yang berlokasi di Qatar. Putaran final Piala Dunia 2022 akan berlangsung 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Dari banyaknya stadion yang akan digunakan, salah satunya terbuat dari ratusan kontainer. Meski nantinya akan dibongkar usai perhelatan akbar ini.

Inilah 8 Stadion Piala Dunia 2022

Perlu diketahui bahwa ada 8 stadion di Qatar dan tersebar di lima kota. Berikut ini adalah beberapa stadion yang akan digunakan.

Stadion Ikonik Lusail

Stadion ini berada di Kota Lusail dan terletak sekitar 23 kilometer utara Doha, ibu kota Qatar. Perlu diketahui bahwa stadion ini memuat 80.000 penonton. Proses penyesuaian stadion ini untuk tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia sudah mulai pada 2014. Layaknya venue lain yang direncanakan untuk Piala Dunia 2022. Stadion ini akan didinginkan menggunakan tenaga surya serta memiliki jejak karbon nol.

Stadion Al Bayt

Stadion yang satu ini berada di Kota Al Khor. Pembukaan Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di lokasi ini. Bahkan juga lokasi pertandingan pertama kejuaraan ini antara Qatar melawan Ekuador di Grup A. Desain arsitekturnya mengambil inspirasi dari tenda tradisional masyarakat nomaden Qatar dan wilayah tersebut.

Stadion 974

Tempat sementara ini yang terbuat dari 974 kontainer pengiriman daur ulang. Nantinya yang akan menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia FIFA 2022. Oleh karena itu, stadion Piala Dunia 2022 ini dinamai Stadion 974. Meski usai perhelatan Piala Dunia 2022, stadion ini akan dibongkar. Tempat berlangsungnya pertandingan pertama sementara yang ada dalam sejarah Piala Dunia FIFA.

Stadion Al-Thumama

Stadion Al-Thumama berada di dekat Bandara Internasional Hamad, Qatar. Usaha bersama antara Al Jaber Engineering dari Qatar dan Tekfen Construction Turki secara signifikan tergabung dalam pekerjaan konstruksi. Desain arsitekturnya yang telah terinspirasi dari topi tradisional taqiyah. Topi tradisional yang dikenakan oleh pria serta anak laki-laki di seluruh Timur Tengah.

Stadion Education City

Stadion ini berada dalam beberapa kampus universitas di Yayasan Education City Qatar, tepatnya di Al Rayyan. Lokasi stadion ini di pinggiran ibu kota Doha dan bisa memuat 40.000 kursi. Stadion ini memperoleh julukan “Berlian di Gurun”. Bahan bangunannya sebanyak 20% diidentifikasi sebagai hijau. Stadion ini merupakan salah satu stadion yang paling ramah lingkungan di dunia.

Stadion Ahmad bin Ali

Stadion Al-Rayyan merupakan stadion Piala Dunia 2022 yang serbaguna di Al Rayyan, Qatar. Sebagian besar penggunaan stadion ini pada pertandingan sepakbola. Tentunya sebagai kandang bagi klub Al-Rayyan dan klub Al-Kharitiyath. Stadion Al Rayyan memuat kapasitas tempat duduk 50.000 orang.

Stadion Internasional Khalifa

Stadion Internasional Khalifa juga termasuk sebagai Stadion Nasional. Sebuah stadion yang serbaguna berada di Doha, Qatar. Selain itu, juga sebagai bagian kompleks Olahraga Kota Doha. Kompleks tempat ini meliputi Akademi Aspire, Menara Aspire, dan Hamad Aquatic Pusat. Bahkan Final Piala Asia AFC 2011 juga berlangsung di stadion ini. Pada 2017, stadion ini mendapatkan peringkat bintang empat dari GSAS (Sistem Penilaian Keberlanjutan Global).

Stadion Al-Janoub

Sebelumnya Stadion Al-Janoub juga disebut dengan Stadion Al-Wakrah. Stadion sepakbola ini  memiliki atap yang dapat dibuka. Stadion di Kota Al-Wakrah, Qatar ini diresmikan pada 16 Mei 2019. Arsitek Irak Zaha Hadid bersama dengan perusahaan Aecom yang merancang stadion ini. Stadion yang satu ini memiliki desain postmodernis dan neo-futuris lengkung. Inspirasi tampilan atapnya oleh layar perahu tradisional Dhow.

Stadion Piala Dunia 2022 tersebut memang tampak megah. Uniknya salah satu stadion ada yang terbuat dari ratusan container.

Leave a comment