Gerakan Olahraga Atasi Sembelit Hanya dalam 5 Menit

Tahu tidak, ada beberapa Gerakan Olahraga Atasi Sembelit Hanya dalam 5 Menit, jika olahraga bukan hanya untuk menjaga tubuh jadi sehat tapi juga bisa mencegah sembelit. Kok bisa? Dengan beragam gerakan olahraga yang dilakukan secara teratur bisa merangsang kinerja otot dalam usus. Yang tentu saja bisa membantu feses untuk bergerak keluar dengan cepat.

Ada beberapa rekomendasi gerakan mengatasi sembelit yang datangnya mau tiba tiba atau malah cukup sering dialami.

Yoga

Gerakan Yoga dikenal bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Nah, gerakan Yoga ini sendiri pun bisa mengurangi stres dan aliran darah bisa ditingkatkan untuk menuju saluran pencernaan. Yang pada akhirnya bisa menstimulasi pergerakan pad usus. Akibatnya, perut terasa rileks dan feses pun bisa keluar dengan cepat.

Pose cat and cow

Anda bisa melakukan gerakan ini dengan cara memposisikan diri seperti bayi yang sedang merangkak. Kemudian, telapak tangan dan lutut menempel pada lantai yang sudah ditutupi dengan matras. Saat dalam posisi cat maka lakukan gerakan pembuangan nafas dan saat posisi cow lakukan gerakan penarikan napas. Agar hasilnya maksimal lakukan selama 10 kali untuk masing masing pose.

Wind Relieving Pose

Posisikan tubuh berbaring di matras dan tekuk kedua kaki diatas dada. Peluk kedua kaki dengan tangan dan tahan beberapa menit. Agar semakin maksimal, lakukan dengan posisi kaki bergantian dengan gerakan satu diluruskan, satu lagi ditekuk sambil dipeluk. Tahan gerakan ini selama 30 detik.

Suspine Twisting

Untuk melakukan gerakan ini posisinya tubuh berbaring diatas matras. Kemudian, tekuk kaki seperti pose wind relieving dengan menggunakan satu kaki. Setelahnya, dorong kaki agar menekuk di sisi seberangnya.

Kardio

Selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, gerakan ini juga bisa meningkatkan detak jantung serta merangsang otot agar bekerja optimal. Anda bisa lakukan beberapa gerakan seperti jogging, zumba hingga berjalan cepat.

Sangat disarankan agar melakukan pemanasan kurang lebih 5 menit lalu selanjutnya berjalan dengan cepat selama 30 menit. Sisanya, kurangi kecepatan sambil melakukan stretching.

Latihan Otot Dasar Panggul

Ada dua gerakan yang bisa Anda lakukan yaitu :

Deep Squat Pose

Posisi dalam keadaan jongkok dengan jarak antara kaki kiri dan kanan terbuka. Pergelangan kaki serta lutut tetap dalam posisi sejajar. Kemudian, buatlah berat badan ke belakang, ke bagian patat dan ke arah bawah.

Forward Lunge

Gerakkan satu kaki ke depan sambil turunkan pinggul Anda sampai kedua kaki di depan maupun di belakang membentuk sudut 90 derajat. Jangan lupa, posisi lutut dalam keadaan tegak lurus dimana pergelangan kaki tidak terlalu ke depan atau ke belakang. Lakukan gerakan ini secara bergantian atau setidaknya 5 kali pengulangan untuk masing masing kaki.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Bisa saja di awal pergerakan Anda mengalami kesulitan namun jangan menyerah. Teruslah mencoba dan berlatih.

Satu lagi, sembelit ini sendiri juga bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayur dan buah. Hindari makanan yang justru menjadi pemicu terjadinya sembelit seperti daging misalnya. Dan jangan lupa, untuk selalu minum air putih setidaknya 8 liter setiap hari agar pencernaan menjadi lancar.

Bisa juga dengan mengkonsumsi minuman yang berfrementasi yang banyak dijual secara bebas di pusat mall atau toko online. Yang penting, Anda tahu batasan saat mengkonsumsinya agar tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi bagi sistem pencernaan. Jadi, selamat berlatih!

Semoga Recomendasi Gerakan Olahraga Atasi Sembelit bermanfaat

Leave a comment