Polandia Tolak Lawan Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Polandia tolak lawan Rusia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Moskow pada Kamis (24/3), hal tersebut dikarenakan invasi Rusia terhadap Ukraina. Hal ini juga telah dinyatakan oleh Asosiasi Sepak Bola Polandia, Cezary Kulesza. 

Konflik yang tengah memanas ini dipimpin oleh Vladimir Putin dari Rusia. Tragisnya sudah menewaskan puluhan orang dan memaksa 50.000 orang lebih untuk melarikan diri dari Ukraina. Hal ini tentu saja memicu kekhawatiran konflik yang akhirnya meluas di Eropa. 

Mengutip News Straits Times pada Minggu (27/2), Cezary Kulesza menerangkan jika tidak membayangkan untuk memainkan play-off melawan Rusia. Karena eskalasi agresi dari Federasi Rusia di Ukraina.

Polandia Tolak Lawan Rusia di Play Off Piala Dunia 2022, Cezary Kulesza: Keputusan Tepat

Cezary Kulesza mengatakan jika Polandia tolak lawan Rusia di play off Piala Dunia 2022 merupakan keputusan yang tepat. Bahkan presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia ini mengajak Swedia dan Republik Ceko agar bisa bekerja sama. 

Padahal, pemenang laga antara Polandia vs Rusia ini akan maju ke babak berikutnya melawan Republik Ceko atau Swedia untuk berebut satu tempat di final.  Cezary Kulesza mengatakan dalam Twitter pribadinya jika dengan tegas melepas laga tersebut. Ini adalah sebagai bentuk respect kepada negara Ukraina. 

Robert Lewandowski selaku pemain sekaligus kapten dari timnas Polandia juga memberikan pendapat via akun Twitter pribadinya. Ia juga menegaskan jika menyetujui keputusan dari Cezary Kulesza untuk alasan kemanusiaan. 

Dalam Twitternya, “Ini menjadi keputusan terbaik! Karena tidak dapat dibayangkan jika memainkan pertandingan melawan timnas Rusia dalam situasi agresi bersenjata di Ukraina.”

Bagi Robert, ini menjadi masa dimana para korban dari agresi militer Ukraina agar dapat meningkatkan solidaritas. “Semua hal yang indah dalam dunia olahraga sangat bertentangan dengan perang,” imbuhnya. 

Timnas Polandia tolak lawan Rusia sudah menjadi keputusan bersama. Kiper Polandia, Wojciech Szczesny juga mengambil keputusan untuk melakukan boikot dan mengambil keputusan yang sama. 

Perlu Anda ketahui, istri Szczesny bernama Marina merupakan wanita kelahiran dari Ukraina. Konflik Rusia Ukraina ini tentu saja membuat ia merasa sangat cemas. 

Jika nantinya diputuskan untuk kalah, setidaknya mereka telah mengambil keputusan yang terbaik. Mereka beranggapan jika telah melakukan apa yang seharusnya dilakukan. 

Jadwal Pertandingan

Berdasarkan jadwal pertandingan yang telah ditentukan, Rusia akan berhadapan dengan Polandia dan Swedia pada 24 Maret mendatang. Kemudian akan bertemu dengan Republik Ceko dan pertandingan ini digelar di Moskow. 

Pemenang dari kedua pertandingan ini akan maju ke babak berikutnya pada 29 Maret. Pertandingan ini untuk memperebutkan satu tempat Piala Dunia 2022 yang terselenggara akhir tahun ini di Qatar.

Respon FIFA

Diketahui federasi dari Swedia memberikan pernyataan sama dengan Polandia, jika tolak lawan Rusia. Selain itu, Dewan Federal melakukan desakan terhadap FIFA  agar pertandingan yang diikuti Rusia di play off pada Maret ini agar dibatalkan.

Sebelumnya, FIFA belum merespon untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 terkait sikap Asosiasi Sepak Bola Polandia. Gianni Infantino, presiden dari FIFA mengatakan jika akan terus memantau situasi terbaru.

Ia juga merasa khawatir dengan berkembangnya situasi tragis setelah Rusia dengan gencar melancarkan invasi ke Ukraina dengan skala penuh. Pihaknya akan segera memperbarui status tentang Kualifikasi Piala Dunia dan akan mengambil keputusan segera setelah diperlukan.

Presiden FIFA mempertimbangkan keputusan Polandia tolak lawan Rusia di Piala Dunia 2022. Mengingat laga pertama baru akan diselenggarakan 1 bulan kemudian, maka masih banyak waktu untuk mengambil keputusan yang tepat.

Leave a comment