Terbukti Lahirkan Pemain Sepak Bola Handal, Berikut Terbaik di Indonesia

Sebagai orang tua haruslah mendukung minat dan bakat anak-anaknya. Terutama untuk bidang olah raga,. Orang tua bisa mendaftarakan putra-putrinya ke Sekolah Sepak Bola (SSB) jika si kecil memiliki ketertarikan dalam bermain sepak bola. Berikut ini daftar SSB terbaik di Indonesia sebagai pertimbangan para orang tua.

Berkiprah menjadi pemain sepak bola profesional tentu saja tidak terjadi dalam semalam. Perlu latihan dan konsistensi yang sudah berlatih sejak usia dini. Hal ini perlu untuk membentuk fisik dan mental calon pemain sepak bola.

Banyak Pemain Timnas Kebanggan Indonesia Hasil Jebolan SSB Terbaik di Indonesia

Jika anak-anak memiliki cita-cita menjadi pemain sepak bola, tidak ada salahnya memberikannya kesempatan untuk belajar di SSB terbaik di Indonesia. Indonesia memiliki potensi karir dalam bidang olah raga sepak bola cukup cemerlang. Tidak sedikit pula pemain timnas Indonesia yang berprestasi juga sudah menimba ilmu di sekolah sepak bola kemudian lulus dan berkarir sebagai atlet sepak bola profesional.

Jika berbicara mengenai karir pemain sepak bola di kancah internasional ada La Masia ataupun de Jong Ajax yang masuk daftar ssb terbaik di dunia. Lalu di Indonesia ada pula beberapa sekolah sepak bola yang menjamin lulusannya yang profesional sehingga mampu bermain di luar negeri.

Tentu saja ini termasuk sekolah sepak bola kalangan atas yang bergengsi karena didukung oleh klub sepak bola ternama di dunia. Berikut daftar sekolah sepak bola internasional di Indonesia:

1. SSI Arsenal (Ciputat dan Pancoran)

2. Sekolah Sepakbola Chelsea FC Indonesia (Jakarta Utara)

3. Sekolah Sepak Bola Bergengsi Real Madrid (Aceh, Yogyakarta, Sidoarja, Banjarbaru, Samarinda, Makasar, dan Jayapura.)

4. Liverpool International Football Academy (Jakarta)

5. FC Barcelona Escola Indonesia (Jakarta)

Umumnya sekolah sepak bola internasional menggunakan kurikulum internasional dan dikelola oleh International Social Sports Development (ISSD). Sekolah ini terbuka untuk anak mulai dari usia 5 tahun hingga remaja.

Untuk biayanya tergolong lebih mahal karena memiliki sertifikat internasional dan didukung oleh perusahaan raksasa dunia. Selain itu juga ada kesempatan bertemu dengan bintang-bintang sepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo.

Sekolah Sepak Bola untuk Mengasah Minat dan Bakat Anak

Selain adanya sekolah sepak bola internasional, di Indonesia juga terdapat banyak sekolah sepak bola yang tak kalah membanggakan. Di samping itu biayanya juga relatif lebih terjangkau. Meskipun demikian, jangan salah karena daftar SSB terbaik di Indonesia ini terbukti telah melahirkan para pemain sepak bola handal di timnas Indonesia.

1. ASAD 313 JAYA PERKASA PURWAKARTA

Saat dilatih oleh Jacksen F. Tiago, ASAD Jaya Perkasa pernah meraih peringkat 3 dunia dalam kejuaraan Danone Cup di Brazil. Selain itu juga para pemain ASAD Yadi Mulyadi, Hamsa Medari Lestahulu, dan Muhammad Fajar Faturrahman berhasil masuk Tim Nasional Indonesia U-16, kemudian ia memenangkan kejuaraan AFF 2018.

2. MAKASSAR FOOTBALL SCHOOL (MFS) 2000 (MAKASSAR)

Sekolah ini menjadi SSB kebanggaan kota Makassar karena telah menghasilkan lulusan terbaik seperti Syamsul Chaerudin, Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, Rahmat Latief, dan Rasyid Bakri. Selain itu juga sukses menjadi semifinalis Danone National Cup U-12 2006 silam.

3. MITRA SURABAYA (SURABAYA)

Siapa yang tak mengenal pemain sepak bola Tanah Air sekelas Evan Dimas? Gelandang terbaik Indonesia itu adalah lulusan SSB Mitra Surabaya. Sekolah ini digadang-gadang merupakan SSB terbaik di Jawa.

4. TULEHU PUTRA (MALUKU)

Banyak pemain papan atas yang berlaga di kasta tertinggi nasional yang merupakan lulusan dari SSB Tulehu Putra di Maluku. Nama-nama tersebut antara lain Hendra Adi Bayauw, Alfin Tuassalamony, Fandi Ahmad Lestaluhu, dan Rizky Ahmad Sanjaya.

5. DIKLAT SALATIGA

Legenda sepak bola indonesia seperti Bambang Pamungkas dan Kurniawan Dwi Yulianto merupakan lulusan SSB diklat Salatiga. Namun kini sudah berpindah ke Semarang dan melahirkan pemain berbakat Ravi Murdiano, Awan Setyo, dan Septian David Maulana.

6. ASIOP APACINTI (JAKARTA)

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1977 ini memiliki segudang prestasi baik dalam negeri maupun tingkat internasional. Seperti juara Danone Nations Cup pada tahun 2013 dan juara Gothia Cup 2016. Selain itu juga melahirkan nama-nama populer tim sepak bola seperti Adam Alis, Egy Melgiansyah, Andritany Ardhiyasa, dan Achmad Jufriyanto

7. SEKOLAH OLAHRAGA RAGUNAN (SKO) (JAKARTA)

SSB terbaik di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap adalah SKO Ragunan. Sekolah ini telah berhasil menelurkan nama-nama pemain sepak bola handal seperti Ismed Sofyan, Andritany Ardhiyasa, Kurnia Meiga, Erol Fx Iba, dan yang terbaru yakni Egy Maulana Vikri.

https://smallseotools.com/view-report/d0c7ee6b799db5350e497cb9c0fb6da7/

Leave a comment