Inilah Daftar Pemain Tertua yang Akan Tampil dalam Piala Dunia

Daftar pemain tertua sepakbola Piala Dunia ini sepertinya menarik untuk kita ulik bersama. Karena hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya berfokus dalam meniti karir dalam dunia olahraga saja.

Akan tetapi juga ikut turut perhatian yang lebih kepada lingkungan sosial demi membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik lagi. Lantas siapa saja daftar pemain tersebut?

Simak Daftar Pemain Tertua Piala Dunia, Siapa Saja Mereka?

Bagi pesepak bola, maka usia menjadi sesuatu yang cukup krusial untuk menunjang karir mereka semua. Itu artinya tidak hanya pemain yang terus berkaries ketika usianya sudah memasuki kepala 4.

Sementara itu di era sepakbola modern seperti sekarang ini, hampir dapat kita hitung menggunakan jari para pemain yang justru masih bermain di usia 40 tahunan. Lantas siapa sajakah mereka?

Faryd Mandragon

Setelah memastikan lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup, maka pelatih Kolombia Jose Pekerman pun memberi penghormatan kepada Faryd Mandragon. Ia memberikan penghormatan kepada kiper tersebut ketika Kolombia sedang menghadapi Jepang pada laga ketiga penyisihan Grup C Piala Dunia.

Waktu itu Mandragon yang baru beberapa hari merayakan ulang tahunnya yang ke-43 itu dipercaya menggantikan David Ospina ketika pertandingan tersisa 5 menit. Walaupun hanya lima menit, namun siapa sangka ternyata Mandragon bisa menjaga gawang Kolombia agar tidak kebobolan.

Pat Jennings

Daftar pemain tertua selanjutnya adalah Pat Jennings dan ia merayakan ulang tahun ke-41 itu dengan sangat spesial. Karena pada momen Piala Dunia 1986 lalu, hari ulang tahunnya itu juga bertepatan dengan laga pamungkas Irlandia Utara dalam fase Grup.

Akan tetapi justru Jennings dan teman pemainnya dalam Timnas Irlandia Utara tidak dapat berbuat banyak dan menerima kenyataan dibekuk Brasil. Meski demikian laga tersebut justru menjadi akhir penampilan Jennings dalam Piala Dunia.

Sebab mereka tak mampu untuk bersaing dengan Spanyol dan Brasil yang mewakili Grup D agar lolos ke babak selanjutnya. Jennings juga menghabiskan karir sepakbolanya di Inggris dan berhasil memperkuat klub besar layaknya Arsenal.

Essam El-Hadary

Kendali belum pernah mencatatkan prestasi besar dalam ajang Piala Dunia, namun Mesir juga memegang rekor sebagai tim yang memiliki pemain tertua. Daftar pemain tertua itu adalah Essam-El-Hadary dan menjadi sosok pemain paling tua yang tampil di Piala Dunia.

Pasalnya ia melakukannya ketika Mesir sedang menghadapi Arab Saudi dalam laga terakhir penyisihan Grup A Piala Dunia 2018. Essam memainkannya pada laga melawan Arab Saudi dan tidak lepas dari kepastian mesir tersingkir dari Piala Dunia.

Sementara itu pelatih Hector Cuper juga memberi penghormatan kepada Essam agar tampil di bawah mistar Mesir dan menjadi sebagai kapten tim. Sayangnya penampilan terakhir Essam bersama dengan Timnas Mesir rupanya berakhir dengan kekecewaan.

Walaupun gagal membawa Mesir bersinar di Piala Dunia, namun sosok Essam justru menjadi aktor utama di balik sukses Mesir meraih 4 title Piala Afrika.

Peter Shilton

Ternyata Peter Shilton juga masih dipercayai sebagai kiper utama Timnas Inggris dalam Piala Dunia. Pasalnya dalam arahan pelatih Bobby Robson, Shilton pun masih bisa tampil dengan prima di bawah mistar serta membantu Inggris agar melaju sampai ke babak semifinal.

Setelah dikalahkan oleh Jerman Barat melalui drama adu penalti semifinal, rupanya Shilton memainkan pertandingan terakhirnya. Yaitu ketika sedang melakoni perebutan juara 3 melawan tuan rumah Italia.

Dari beberapa daftar pemain tertua Piala Dunia tersebut, kira-kira mana yang terbaik?

Leave a comment